Kamis, 04 Oktober 2007

Get VIP

I Made Dwicahyana, ST
CURVE Autoworkshop
Modifikator dan pelaku modifikasi

Ingin tampil lebih dari sekedar Elegan? VIP style adalah jawabannya., Hal yang akan saya jabarkan berikut adalah bagaimana cara memodifikasi mobil dengan VIP style secara benar dan otentik berdasarkan hasil pengamatan saya pada majalah-majalah VIP dari Jepang. Ingat, hanya pengamatan, Apabila Anda sudah merasa tidak sreg, hentikan membaca tulisan ini sekarang juga. Kalau masih penasaran, tidak ada salahnya kita gebet.
Banyak workshop lokal Jepang yang menekuni modifikasi VIP style, misalnya Junction Produce, Admiration, Insurance, Garson, Fabulous, Vlene, dll. Walaupun VIP identik dengan sedan premium Jepang berdimensi besar, tetapi pada perkembangannya, roh VIP mulai merasuki MPV (lebih dikenal di Jepang dengan istilah wagon) dan mobil-mobil berukuran kecil seperti city car (lazim disebut K-car di Jepang). Tapi untuk tulisan ini, akan lebih mendetail pada sedan premium, sedangkan untuk wagon dan K-Car akan dijelaskan secara sekilas saja. Mari kita mulai...
Pertama, pilihlah bahan mobil yang akan dimodifikasi. Tapi ingat, agar otentik maka mobil bahan haruslah sedan premium Jepang berdimensi besar (Lexus, Aristo, Crown, Majesta, Cresta, Infinity, President, Cedric, Gloria, dll.). Tidak ada batasan tahun, tapi umumnya tahun 1990an keatas. Sudahkah Anda melihat di dalam garasi? Mobil tipe apakah yang Anda miliki? Cukup premium kah? Sayangnya sedan yang dianggap premium oleh khayalak umum seperti Honda Accord dan Toyota Corona tidak termasuk bahan favorit untuk VIP di Jepang. Tetapi silahkan saja kalau Anda memiliki sedan medium macam Honda Civic atau Toyota Corolla ingin mengadopsi gaya VIP, tidak diharamkan kok. Kan hanya gayanya saja, walaupun tidak dapat disebut sebagai VIP sesungguhnya. Tetapi kalau ingin lebih otentilk lagi, terpaksa ya harus berburu dahulu, Tidak usah khawatir harga selangit, pasalnya untuk sedan premium dimensi besar tahun lama 1990an awal harganya tidak melebihi 100 juta. Wajar bukan? Di Indonesia misalnya Crown dan Infinity.
Bagaimana dengan cabang VIP seperti wagon dan K-car? VIP wagon identik dengan MPV premium berdimensi bongsor pula, seperti Toyota Alphard, Nissan Elgrand, Honda Oddysey, dll. beberapa juga mencakup MPV medium seperti Honda Stream, Toyota Noah, dll. Cukup? Ternyata tangan-tangan kreatif juga mencakup MPV kecil seperti Honda Jazz. Sedangkan yang dimaksud K-Car misalnya adalah Suzuki Karimun (Wagon R), atau New Karimun (MR Wagon).
Kedua, pilih Velg dengan lebar berbeda antara depan dan belakang. Ukuran belakang harus lebih lebar, (mungkin hal ini disebabkan karena sebagian besar sedan premium Jepang adalah berpenggerak roda belakang), alangkah lebih baik kalau velg memiliki bibir yang lazim disebut dengan celong. Pilih velg dengan finishing silver, polish maupun krom. Hitam juga tidak masalah asal masih ada finishing polish maupun krom pada bibir velg dan pada detail velg. Jangan memakai velg finishing bronze maupun putih karena akan menguatkan kesan racing. Ingat, VIP style adalah gaya elegan dengan tingkatan lebih tinggi. Penggunaan velg Taiwan, replika, maupun asli Jepang, Amerika ataupun Eropa adalah sah-sah saja, dengan dimensi mulai 18 inch hingga 20 inch. Tidak ada 21 inch keatas yang identik dengan DUB Style tunggangan rapper. Makin lebar velg belakang dan disertai chamber negatif akan lebih baik. Konsekuensinya adalah wide body maupun over fender alami terpaksa harus diterapkan. Ukuran lazim untuk VIP sedan adalah depan 8,5 inch dan belakang 9,5 inch, atau depan 10,5 inch dan belakang 11 inch.
Ketiga adalah ketinggian bodi mobil dari tanah. Ceper? Jelas dan wajib! Makin terlihat melata akan semakin baik. Kalau Anda memiliki uang lebih disarankan untuk memasang air suspension agar mobil dapat ceper mampus. Penggunaan body kit, walaupun tidak mutlak, sangat mendukung keceperan mobil. Biasanya body kit VIP sangat simpel dengan dilengkapi body panel pada pintu bagian bawah untuk mengurangi unsur rounded pada bodi mobil dan menambah kesan tebal pada mobil. Dilengkapi fog lamp dan lis krom, body kit VIP dapat berupa lips saja maupun full bumper. Dan yang juga khas VIP style adalah penggunaan duck tail, ataupun whale tail untuk yang berdimensi lebih besar.
Keempat adalah warna, Selama ini VIP style didominasi warna hitam dan putih, tetapi beberapa juga menggunakan silver, juga warna-warna yang identik dengan elegan, misalnya coklat tua kemerahan seperti root beer, warna hitam yang memiliki unsur ungu (black amathyst pada Honda Oddysey), hijau tua metalik, abu-abu tua metalik, dll.
Kelima adalah interior dengan jok yang dibungkus dengan bahan kulit. Umumnya warna yang digunakan adalah hitam, abu-abu tua, coklat muda, dan krem. Bahkan Garson telah menerapkan pembungkus jok berbulu, walaupun menurut saya agak kurang lazim karena mengingatkan saya pada monyet. Yang jelas Interior harus memberi kesan nyaman dan mewah. Yang jelas tidak ada pengecatan dashboard dengan tema monokromatik interior pada VIP. Selebihnya adalah unsur pelengkap, misalnya Audio, mesin, aksesoris interior macam yang dipasarkan Garson, dll. Dimana semuanya merupakan selera masing-masing pemilik mobil. Mau diterapkan ya monggo, tidak diterapkan juga tidak ada yang keberatan.
Apakah semua yang ada di tulisan bersifat mutlak? Tentu saja tidak. Tergantung dari Anda masing-masing. Apa yang saya tampilkan disini hanyalah sebuah suplemen saja bagi para pelaku modifikasi terhadap pentingnya sebuah konsistensi terhadap suatu tema modifikasi yang menjunjung tinggi unsur otentik. Bahkan di Jepang sendiri, masih ada juga modifikasi VIP masih memiliki unsur racing didalamnya, menggunakan warna cerah, pintu gullwing, jok bucket, wing, dll yang melenceng dari pakem VIP. Tidak ada yang sempurna, bukan?

Tidak ada komentar: